-->

AMIK BSI JAKARTA PELATIHAN KOMPUTER DENGAN MATERI MICROSOFT EXCEL BAGI GURU TK/PAUD YAYASAN BUNAYA




BOGOR (08/09/2017) – Perkembangan dunia pendidikan pada saat ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik atau pengajar, dari pola yang awam menjadi pola yang modern, sehingga bisa mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia. Pada dasarnya pengertian pendidikan, menurut UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003, merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spriitual keagaman, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dengan melihat definisi mengenai pendidikan tersebut, terlihat tidak hanya menggambarkan mengenai apa pendidikan itu, akan tetapi juga miliki makna siapa sesungguhnya pendidik itu, siapa peserta didiknya, bagaimana seharusnya mendidik dan apa yang ingin dicapai oleh pendidikan tersebut.

Pendidikan secara formal yang dimulai dari TK/PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi, dan setiap Perguruan Tinggi baik itu swasta maupun negeri terutama dosennya memiliki kewajiban untuk  melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga kewajiban Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga hal yang harus dimiliki atau harus ada di sebuah Perguruan Tinggi saat aktivitas akademik berlangsung. Ketiga hal tersebut meliputi Pendidikan, Penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal ini seperti tertera dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu mengenai Pengabdian Kepada Masyarakat, menurut Undang-Undang dikatakan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan aktivitas akademik yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengabdian masyarakat ini dalapat dilakukan dalam berbagai kegiatan positif, seperti melakukan bakti sosial, pelatihan, penyuluhan ataupun kegiatan yang lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



Dalam Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika Jakarta (AMIK BSI Jakarta), yang merupakan salah satu Akademi  didalam BSI grup selalu mempunyai agenda untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di setiap semesternya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan ingin saling berbagi ilmu dengan masyarakat pada umumnya, terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Banyak masyarakat umum, mulai dari instansi pemerintahan, sekolah maupun organisasi yang lainnya, masih minim pengetahuannya mengenai penggunaan teknologi informasi terutama dalam penggunaan aplikasi yang ada di komputer seperti Microsoft Office. Dengan memahami penggunaan dari Microsoft Office ini maka setidaknya dapat membantu dalam pekerjaannya seperti pembuatan dokumen, pembuatan materi presentasi serta dapat membantu pembuatan laporan keuangan dan tentunya masih banyak manfaat yang lainnya.



Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di semester ini, dilaksanakan pada tanggal 8 September 2017 dan bertempat di Kampus BSI Cilebut. Kampus BSI Cilebut ini berada di Jl. Cilebut Raya Pesona Intiland, Kotamadya Bogor. Pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan komputer dengan materi Microsoft Excell dan diikuti oleh para Guru TK/PAUD Yayasan Bunaya. Pelatihan komputer ini dilaksanakan di laboratorium komputer A dan B yang berada di Kampus BSI Cilebut, dengan kapasitas masing-masing Lab. adalah 20 (duapuluh) peserta. Selama pelaksanaan pelatihan komputer ini, para guru TK/PAUD Yayasan Bunaya sangat antusias sekali dengan materi yang diberikan. Terlihat semangat dari para bapak ibu Guru TK/PAUD untuk belajar mengenai Microsoft Excell. Mereka sangat memperhatikan terhadap materi yang disampaikan oleh Tutor dan langsung dipraktekkan di komputer. Materi yang diberikan seperti pembuatan tabel dan pengenalan rumus-rumus serta penggunaan database dalam Microsoft Excell. Alhamdulillan dengan peran dari Tutor dan rekan-rekan sejawat untuk membantu para bapak ibu Guru TK/PAUD ini,maka apa yang menjadi target dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat tercapai. Para peserta memahami materi yang disampaikan dengan baik dan memiliki semangat untuk belajar lebih giat lagi dalam mengenal Microsoft Excell. Harapan kami, walaupun hanya sebentar waktu untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, ilmu yang telah disampaikan kepada peserta semoga bermanfaat, dan setidaknya bisa membantu para peserta dalam menyelesaikan pekerjaannya.


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Tugas Akhir Periode 1 2018

Informasi Jadwal Bimbingan !!! Dosen Pembibing : Amrin, S.Si, M.Kom Bimbingan reguler Setiap Hari Kamis jam 19:00 - 21:00 dan Rabu jam 10:...