Object
Oriented Programming (OOP) adalah suatu pemrograman yang berorientasi
objek yang mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model
yang telah ada dalam kehidupan dunia nyata. Desain dari OOP adalah
sebuah teknik yang menitikberatkan desain pada objek dan class. Sebuah
objek memiliki dua karakteristik, yaitu Attribute dan behaviour.
Attribute adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki merk,
model, tahun pembuatan, warna, dll. Sedangkan behaviour adalah kelakuan
dari objek tersebut, seperti cara menghidupkan mesin, menjalankan
mobil, memundurkan mobil, dll.
Hal
menarik lainnya dari OOP adalah class.Class adalah konsep dan deskripsi
dari sesuatu yang merupakan wadah untuk menciptakan objek. Artinya
objek merupakan instance(contoh) dari Class.Class inilah yang merupakan
dasar dari Object Oriented Programming.Kita ibaratkan sebuah plat
cetakan gambar yang digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk
gambar. Gambar yang dihasilkan dari cetakan tersebut adalah objek dari
class gambar. Warna gambar bisa bermacam-macam meskipun berasal dari
cetakan yang sama. Contoh Class: komputer, maka objeknya adalah :
komputerku, komputer amrin, komputer dandi, dll.
Seperti
disinggung di awal bahwa objek memiliki dua karakteristik, yaitu
attribute dan behaviour. Attribute dapat diartikan sebagai
data,variable,property,atau sebuah field data. Sebagai contoh, objek
pegawai. Attribute dari seorang pegawai berupa nomor pegawai dan nama
pegawai. Sedangkan behaviour dari suatu objek dapat dijelaskan oleh
sebuah method. Method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya
sebuah class. Method dalam pemrograman terstruktur adalah prosedural
atau fungsi yang memiliki suatu program.Hal-hal yang dikerjakan method :
1.Manipulasi data
2.Perhitungan matematika
3.Memonitor kejadian dari suatu event
Contoh program dengan java:
Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut
public class Laptop {
String merek;
int tahunProduksi;
}
public class LaptopBeraksi{
public static void main(String[] args){
// Membuat object
Laptop laptopku = new Laptop();
/* memanggil atribut dan memberi nilai */
laptopku.merek = "Accer";
laptopku.tahunProduksi = 2009;
System.out.println("Merek: " + laptopku.merek);
System.out.println("Tahun: " + laptopku.tahunProduksi);
}}
Membuat dan Memanggil Method
class Laptop2{
String merek;
int tahunProduksi;
void printLaptop(){
System.out.println("Merek: " + merek);
System.out.println("Tahun: " + tahunProduksi);
}
}
public class Laptop2Beraksi{
public static void main(String[] args){
// Membuat object
Laptop2 laptopku = new Laptop2()
Laptop2();
/* memanggil atribut dan memberi nilai */
laptopku.merek = "Accer";
laptopku.tahunProduksi = 2009;
laptopku.printLaptop();
}
}
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Bimbingan Tugas Akhir Periode 1 2018
Informasi Jadwal Bimbingan !!! Dosen Pembibing : Amrin, S.Si, M.Kom Bimbingan reguler Setiap Hari Kamis jam 19:00 - 21:00 dan Rabu jam 10:...
-
PENDAHULUAN Kebutuhan informasi menjadi unsur utama dalam bisnis sehingga mendorong pertumbuhan industri software. Nilai i...
-
Struktur Data adalah : suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakteristikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan terha...
-
BOGOR ( 08/09/2017 ) – Perkembangan dunia pendidikan pada saat ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga banyak merubah pola ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar